Tata cara jual tanah dengan bank sebagai perantara

Bagi anda yang selama ini masih merasa kesulitan saat akan menjual tanah atau bahkan tak kunjung laku maka silakan pertimbangkan untuk memilih bank sebagai perantaranya. Meskipun bagi sebagian orang, cara ini dianggap rumit namun ternyata tidak serumit yang anda pikirkan. Bahkan banyak orang yang justru membuktikan bahwa menjual tanah melalui bank lebih cepat laku dan menguntungkan. Untuk itulah sebaiknya anda perlu mengetahui tata cara jual tanah dengan bank sebagai perantara sehingga jual tanah menjadi lebih lancar.

Cara Jual Tanah Melalui Bank sebagai Perantara

Meskipun sebagian besar masyarakat belum mengetahui bahwa menjual tanah bisa melalui bank. Namun cara ini ternyata dianggap kebih menguntungkan pihak penjual. Sebab tanah tersebut akan cepat laku, bisa dibeli secara sistem kredit serta lebih aman dan terhindar dari berbagai bentuk penipuan. Sebelum transaksi penjualan tanah dilakukan, pihak bank akan membantu anda mengecek data-data dari tanah tersebut untuk mencegah terjadinya masalah pada dokumen kepemilikan tanah tersebut.

Sudah disampaikan sebelumnya bahwa proses jual tanah melalui bank memang tidaklah rumit. Untuk melakukan penjualan tanah melalui bank maka yang harus anda lakukan adalah mengajukan tanah ke bank dan nantinya pihak bank akan mencarikan anda pembeli. Pihak bank memberikan layanan pembayaran secara kredit melalui bank sehingga memudahkan pembeli sata ingin membeli tanah. Terlebih jika dana pembeli masih belum mencukupi maka pembayaran secara kredit bisa menjadi pilihan yang tepat.

Meskipun pembeli membeli tanah secara kredit namun penjual akan tetap memperoleh harga jual tanah secara tunai. Karena pihak bank akan membelikan talangan dana untuk membeli tanah tersebut dan pembeli yang harus melunasinya pada pihak bank melalui sistem kredit. Namun pembeli juga harus membayar uang muka di awal transaksi dan pembayaran kredit dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Dengan demikian pihak penjual tidak perlu ikut campur karena kesepakatan akan dibuat oleh pihak bank dan pembeli tanah. Tetapi sertifikat tanah yang dijual tersebut akan ditahan oleh pihak bank sebagai jaminan kredit pihak pembeli tanah.

Demikianlah penjelasan mengenai cara jual tanah melalui bank sebagai perantaranya yang bisa menambah wawasan anda. Bagi anda yang terkendala sulit menjual tanah maka sebaiknya silakan bekerjasama dengan pihak bank. Sebab akan ada banyak keuntungan yang bisa anda peroleh dan tentunya anda tak perlu repot mengurus proses penjualan tanah tersebut.

Yang mana lebih untung menjual tanah ataukah rumah?

Leave a Reply